Just another WordPress.com site

Allah adalah dzat yang tidak bisa dicerna dengan pikiran, mengingat adalah aktivitas pikiran, jadi Allah tidak bisa diingat dengan pikiran kita. cara yang paling praktis dan mudah adalah dengan menyadari Allah. jika kita menyadari Allah maka akan lebih nyata dalam tataran kesadaran, bukan dalam tataran pikiran. Allah dhohir pada level kesadaran dan Allah Bathin pada level pikiran.

Oleh karena itu ketika kita sholat maka kita tidak menggunakan pikiran kita untuk sambung kepada Allah namun menggunakan kesadaran kita untuk sambung atau silatun.

makna Dzikr atau dzikrullah tidak mengingat Allah namun menyadari Allah. kalau kita artikan ingat maka akan terjadi kesesatan seperti membayangkan Allah sebagai yang luas, mewujudkan Allah dalam bentuk tulisan Allah, atau membayangkan Allah sebagai bentuk cahaya yang sangat terang. tapi jika kita menggunakan kesadaran maka kita akan masuk dalam alam kesadaran bahwa ALlah itu dekat, Allah itu meliputi, Allah itu maha agung dan seterusnya.

secara fungsi mengingat adalah aktivitas otak yaitu pikiran berarti aktivitas Jasad, sedangkan menyadari Allah adalah aktivitas Ruh, artinya aktivitas yang bukan dari unsur jasad, bukan dari pikiran ataupun perasaan.

Sumber : http://solospiritislam.com/author/Setiyo/

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: